Pages

Selasa, 28 April 2015

Mesin Pengering Laundry

Mesin yang selanjutnya cukup vital dalam dunia laundry adalah dryer. Tetapi secara hemat pun masih tetap bisa digunakan bahkan gratis yaitu mesin pengering dari Yang Maha Kuasa apalagi kalau bukan angin dan sinar matahari. Dengan bantuan angin dan sinar matahari ini kita bisa menghemat biaya yang sangat banyak karena kedua hal tersebut masih tersedia gratis di alam, namun tetap ada kekurangannya jika kita selalu mengandalkan gratisan. Apa itu??? Jika kita hanya mengandalkan panas dari matahari saja kurang efektif jika terjadi pada musim hujan dan jika ada pelanggan yang membtuhkan proses servis 1 day service atau bahkan lebih cepat dari itu, hanya meminta beberapa jam selesai.

Alloh sebagai Tuhan kita sudah menciptakan kita otak yang hebat, menciptakan kita sebagai orang yang hebat. Dalam dunia bisnis laundry ada beberapa diantara kita yang diberi kelebihan berfikir dan menciptakan alat yang bisa membantu meringankan tugas kita. Dalam proses pengeringan cucian sudah beberapa orang yang mampu membuat mesin pengering. Ada yang buatan pabrikan besar dengan desain biasanya akan mirip bahkan sama dengan mesin cuci, ada pula beberapa orang membuat sendiri atau istilah kita biasa menybutnya dengan home industry. Baik yang pabrikan besar maupun buatan dari home industry sama sama bertujuan untuk memudahkan kita para pengusaha yang berkecimpung di jasa laundry.

Ada beberapa pilihan untuk mesin pengering, antara lain tumble dryer gas. Mesin jenis ini memakai gas LPG sebagai energy panasnya dan listrik kurang dari 100 Watt sebagai energy penggerak motornya. Rata rata modelnya mirip dengan mesin cuci begitupun dimensinya sehingga praktis dan tidak memerlukan tempat yang luas untuk menempatkannya. Mesin jenis ini dipasaran dengan ukuran paling kecil sekitar 10 kg. dan untuk mengeringkan pakaian atau cucian umumnya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan memakai suhu normal. Sayangnya untuk mendapatkan mesin ini kita harus merogoh kocek lumayan dalam yaitu ada di harga diatas 10 juta rupiah. Namun jika kita hitung dari segi manfaat harganya sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan nantinya.

Selanjutnya kita juga punya pilihan lain, mesin yang satu ini hanya menggunakan listrik sebagai energinya, dan yang sangat disayangkan adalah dari mesin pengering jenis ini rata rata  terlalu boros memakan listriknya yaitu antara daya 1000 Watt sampai 2000 Watt. Dan lagi pula untuk mengeringkan cucian pakaian sekitar 5 kg dibutuhkan waktu kira kira 1 jam. Ada sedikit kabar baiknya dari penggunaan mesin ini, dilihat dari desainnya masih mirip mirip dengan mesin cuci sehingga masih praktis menempatkannya dan dari sisi harga pun lebih murah dibanding dengan tumble dryer gas yaitu di kisaran 3 juta rupiah sampai 5 juta rupiahan. Jenis ini bisa anda beli di toko toko elektronik terkemuka dengan mudah.


Mesin pengering lainnya yang bisa dijadikan alternative pilihan adalah mesin buatan anak negeri buatan home industry. Energy utamanya menggunakan gas LPG sebagai energy panasnya, dan listrik rata rata dibawah 100 Watt  digunakan sebagai penggerak kipas blowernya. Sayangnya alat jenis ini masih harus menggunakan ruangan tertutup misalnya kamar ukuran 2x2 m2 sebagai tempat untuk penjemurannya, dengan ditambah satu buah exhaust fan sebagai penyedot uap airnya agar keluar. Prinsipnya alat pengering jenis ini adalah menaikkan suhu ruangan agar cucian bisa segera kering. Kisaran harga antara 2 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah tergantung luas ruangan yang digunakan untuk mengeringkan cucian. Semua tergantung pada anda sebagai pemakai akan mengandalkan hanya panas matahari atau menggunakan mesin pengering buatan atau kedua duanya semua anda yang menentukan. Akhir dari artikel ini adalah seebuah harapan semoga usaha laundry kita menjadi yang terbaik dan menghasilkan keuntungan yang maksimal sesuai target masing masing.

semoga bermanfaat
salam Lov Laundry Syariah

082 111 21 3737

0 komentar:

Posting Komentar